Laman

Rabu, 30 Mei 2012

Tips Merawat Laptop & Notebook

Seperti kebanyakan orang, Anda menjadikan laptop sebagai bagian dari hidup Anda. Sebagai mahasiswa, Laptop membantu Anda memenuhi persyaratan kelas Anda. Sebagai profesional yang bekerja, Anda perlu untuk melakukan penelitian dan merekam data penting. Pada waktu luang Anda, Anda menggunakannya untuk browsing internet untuk membaca berita, download musik atau berkomunikasi dengan keluarga Anda.
Singkatnya, hampir sebagian dari semua yang Anda lakukan dengan Laptop. Karena itu, laptop memiliki kecenderungan untuk disalahgunakan sepanjang waktu, membuatnya rentan terhadap kerusakan dalam jangka panjang.
Dengan demikian, penting untuk merawat laptop dengan cara yang benar. Apa sebenarnya yang perlu Anda lakukan untuk merawat laptop Anda? Berikut adalah beberapa tips yang dapat bermanfaat.

1. Hindari menggunakan laptop di atas permukaan lembut seperti bantal, selimut dan tempat tidur.
Mengapa? Karena sebagian besar laptop memiliki ventilasi udara  yang berfungsi menjaganya tetap dingin di dasar. Dan jika Anda memblokir ventilasi itu dengan kain tertentu, Anda meningkatkan kemungkinan menjadi panas. Jadi untuk amannya, yang terbaik adalah menggunakan laptop Anda pada permukaan yang padat seperti kayu atau kaca.

2. Gunakan Pelindung LCD dan Pelindung keyboard.
Aksesori ini murah tapi sangat bermanfaat sebagai pelindung yang menjaga layar LCD bebas dari goresan. Juga dapat menjadi pelindung yang berfungsi ganda sebagai layar privasi. Di sisi lain, pelindung keyboard yang berguna dalam menjaga kotoran dari keyboard Anda. Kadang-kadang juga membantu dalam mencegah tombol keyboard merusak layar LCD Laptop Anda.

3. Bersihkan bagian luar laptop Anda dengan menggunakan kain lembut. Ini adalah pilihan terbaik karena tidak meninggalkan goresan garis pada permukaan layar Anda.

4. Jika Anda ingin membersihkan keyboard Anda, hentikan penggunaan vacuum cleaner karena dapat merusak beberapa bagian internal dari laptop Anda. Sebaliknya, Anda dapat menggunakan sikat lembut statis yang efektif dalam mengangkat debu di antara lipatan kecil.

5. Bila Anda berencana membawa Laptop bersama Anda, pastikan laptop aman dalam tas empuk dan nyaman yang mencegah laptop Anda dari banyak bergerak. Hal ini penting karena gerakan terlalu banyak mungkin melonggarkan beberapa koneksi yang pada gilirannya menyebabkan gagal boot.

6. Sebisa mungkin, jaga laptop Anda dari terjatuh atau terbentur. Dampak yang kuat secara drastis dapat merusak laptop Anda.

7. Jika karena alasan tertentu, laptop anda tidak berfungsi, jangan pernah berusaha untuk memperbaiki sendiri kecuali jika Anda benar-benar seorang teknisi komputer. Membuka laptop sendiri dapat membatalkan garansi yang masih berlaku atau lebih buruk menciptakan lebih banyak masalah.

Itulah beberapa tips dalam merawat laptop Anda.  Selama Anda menerapkannya, Anda dapat yakin untuk menjaga laptop Anda dalam kondisi prima.


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar