"Para pengusaha dituntut harus bisa tahan banting dalam
menghadapi segala tantangan dan memiliki keberanian yang cukup kuat untuk
melangkah menuju gerbang kesuksesan. "
Dalam merintis sebuah usaha, tak jarang kita menemukan
berbagai macam kendala yang bisa menghambat jalannya usaha. Kegagalan,
persaingan, dan beragam tantangan lainnya,
bahkan telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan bisnis yang kita jalankan.
bahkan telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan bisnis yang kita jalankan.
Melihat kondisi tersebut, tidaklah heran bila sekarang ini
para pengusaha dituntut harus bisa tahan banting dalam menghadapi segala
tantangan dan memiliki keberanian yang cukup kuat untuk melangkah menuju
gerbang kesuksesan.
Nah, untuk membantu para pemula dalam merintis bisnisnya.
Berikut ini kami informasikan beberapa keberanian yang dibutuhkan para
pengusaha untuk mencapai puncak suksesnya.
1. Berani Bermimpi
Keberanian awal yang harus dimiliki para pengusaha adalah
keberanian untuk memiliki sebuah mimpi besar. Jangan pernah takut untuk
bermimpi, karena pada dasarnya semua hal berawal dari sebuah mimpi. Contohnya
saja seperti kesuksesan Soichiro Honda sang raja jalanan yang berhasil
menciptakan sepeda motor dengan merek Honda dari sebuah mimpi besar yang Ia
miliki. Tidaklah heran bila ada istilah yang mengatakan “Dengan mimpi kita bisa
menggenggam dunia.”
2. Berani Melangkah
Tidak hanya berani
bermimpi, namun para pengusaha juga dituntut untuk mulai berani melangkah
menghadapi semua tantangan. Bila dulunya sebagian besar pengusaha masih takut
gagal dalam merintis sebuah usaha, kini mereka harus menepis perasaan tersebut
dan mulai merencanakan bisnisnya dengan matang untuk mencapai sebuah
kesuksesan. Keberanian seperti ini bisa kita lihat dari kesuksesan Tirto Utomo
sang pendiri Aqua, yang berhasil mempopulerkan air minum kemasan sejak tahun
1973. Padahal, saat itu konsumen masih sangat asing dengan produk air minum
kemasan, karena pada dasarnya komoditas air di Indonesia cukup melimpah dan
disediakan alam secara gratis.
3. Berani Bersaing
Setelah berani melangkah, selanjutnya para pengusaha
didorong untuk berani bersaing mengalahkan ramainya kompetisi pasar yang ada.
Jadikan persaingan tersebut sebagai pemacu atau sebuah motivasi bagi diri Anda,
sehingga kedepannya Anda semakin semangat dalam menjalankan usaha dan lebih
tertantang untuk memenangkan persaingan pasar. Contohnya saja seperti
kesuksesan produk Indomie yang sampai sekarang ini masih digemari para
konsumen, meskipun belakangan mulai banyak merek mie instan lainnya yang ikut
meramaikan pasar.
4. Berani Berbeda
Menampilkan sesuatu yang berbeda tentunya menjadi salah satu
kunci sukses Anda dalam menjalankan sebuah usaha. Bahkan tak jarang para pelaku
usaha sengaja menampilkan keunikan tertentu untuk memenangkan persaingan pasar
yang mereka hadapi saat ini. Karenanya sebagai calon pengusaha sukses, pastikan
bahwa Anda tidak pernah takut untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berani
menawarkan produk yang berbeda untuk membidik pangsa pasar yang masih
potensial. Dalam hal ini Anda bisa mencontoh strategi bisnis yang cukup unik
seperti bisnis martabak mini, keripik setan, atau penyedia bisnis jasa kurir
ASI dan spa bayi yang belakangan ini mulai merebut perhatian para konsumen.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar